8 Kondisi yang Kurang Mendukung Pemberian ASI

8 Kondisi yang Kurang Mendukung Pemberian ASI ~ Halo Wanita. Saat bayi berumuur 6 Bulan, maka pemberian ASI harus diselingi dengan makanan tambahan dan pemberian ASI dapat dihentikan pada saat anak berumur 2 tahun. Akan tetapi, pada kondisi tertentu, ASI tidak dapat diberikan karena alasan kesehatan bagi ibu dan bayi. Kondisi tersebut antara lain:
8 Kondisi yang Kurang Mendukung Pemberian ASI
  1. Bayi alergi terhadap ASI. Hal ini jarang terjadi, tapi bisa akibat salah satu makanan yang dikonsumsi ibu menimbulkan alergi pada bayi. Maka hindarilah makanan tersebut.
  2. Puting susu yang tertarik ke dalam atau ada lukapada puting susu.
  3. Radang pada payudara (mastitis), hal ini dapat diatasi dengan mengonpres hangat dan minum antibiotik sesuai anjuran dokter.
  4. Sakit yang tiba-tiba pada ibu. Jika bayi tidak menderita infeksi yang sama, maka pemberian ASI dihentikan, tapi bila sama diteruskan.
  5. Septikemia, nephritis, eklampsia, perdarahan berkelanjutan, TBC aktif, demam tifoid, atau malaria adalah kondisi permanen dimana kondisi ibu tidak boleh memberikan ASI hingga penyakit tersebut sembuh.
  6. Bayi prematur dengan berat badan kurang dari 1000-2000 gram memerlukan nutrisi  tambahan selain ASI untuk menunjang perkembangannya.
  7. Bayi dengan berat badan rendah dan terlalu lemah untuk mengisap susu.
  8. Menyusui saat hamil dapat dilakukan hingga bulan ke-5 kehamilan asalkan nutrisi ibu cukup.
Untuk kondisi-kondisi di atas dapat diberikan susu formula untuk menggantikan ASI.

Baca Juga:
4 Cara Menghasil ASI yang Berkualitas 
Sumber dari buku 58 QA Seputar Diet, Makanan, dan Suplemen dari Tim dokteranda.

Comments

Popular posts from this blog

Menu Sahur dan Buka Puasa untuk 30 Hari

Bolu Zebra Cocok Untuk Lebaran

Sisi Negatif Ibu Zaman Now